Intip Gaya Rumah Modern Khas Bali, Benar-Benar Asri!

Indonesia miliki budaya bervariasi yang tentu mesti dijaga dan dilestarikan supaya dapat terus diwariskan. Salah satu yang sudah tenar sampai ke mancanegara adalah kebudayaan Bali. Desain arsitektur yang unik adalah contoh product budaya Bali yang banyak menginspirasi terlebih bagi para pengembang. Bali sendiri sudah sangat terkenal dengan hotel mewah dan mengesankan, ditambah terdapat penyaluran agen sbobet pada casino masing-masing hotel.

Buktinya kini banyak desain tempat tinggal yang mengombinasikan tipe tradisional dan modern bersama dengan sentuhan budaya Bali supaya lahirlah konsep tempat tinggal Bali modern. Jika Anda menghendaki mencari desain yang berbeda, sejumlah desain tempat tinggal Bali modern tersebut ini dapat dijadikan inspirasi.

Desain Rumah Bali

Jika Anda singgah ke Bali, tentu memandang lebih dari satu besar tipe desain tempat tinggal tropis yang kaya akan sentuhan khas Bali. Tentu saja rumah-rumah di Bali miliki ciri khas arsitektur yang jarang dijumpai di daerah lain. Beberapa ciri khas arsitektur Bali umumnya miliki pagar tembok yang tinggi bersama dengan ornamen yang terukir rapi. Adapun bermacam ornamen yang ditampilkan salah satunya adalah pura Bali yang tentu dimiliki nyaris seluruh rumah. Pura ini umumnya miliki manfaat sebagai daerah beribadah atau sembahyang.

Pura pun miliki manfaat sebagai wujud penghormatan pada leluhur terdahulu. Ciri khas desain tempat tinggal Bali pun umumnya miliki dua gapura yang merupakan bangunan candi. Jadi meskipun terbilang modern, tapi tidak seperti desain bangunan Korea. bali tetap terasa tradisional dan kental akan adatnya. Gapura jadi gerbang utama untuk masuk ke daerah halaman rumah. Selain itu, terkandung macam-macam bangunan utama di tempat tinggal tradisional Bali yang miliki keunikan seperti:

  1. Angkul-angkul: pintu masuk utama sebelum tempat tinggal bersama dengan wujud menyerupai gapura candi.
  2. Aling-aling: pembatas antara angkul-angkul bersama dengan pekarangan daerah suci.
  3. Bale: terkandung sejumlah bale pada tempat tinggal tradisional Bali seperti bale manten, bale dauh, bale sekapat dan bale dangin.
  4. Pawaregen: digunakan sebagai dapur (tempat memasak).
  5. Lumbung: daerah menyimpan makanan.

Desain tempat tinggal Bali pas ini banyak menginspirasi tipe arsitektur modern supaya terkecuali dikombinasikan, akan menampilkan konsep yang istimewa.

Filosofi Arsitektur Rumah Bali

Arsitektur Bali banyak tergoda oleh nilai-nilai dan unsur agama Hindu. Oleh gara-gara itu secara garis besar, tempat tinggal Bali dirancang bersama dengan sejumlah filosofi, yaitu:

  • Tri Hita Karana
    Artinya, menciptakan harmoni dan keseimbangan antara 3 unsur kehidupan yaitu manusia (atma), alam (angga) dan dewa-dewa (khaya). Dengan filosofi ini, diharapkan terciptanya kebahagiaan dan tujuan yang dicita-citakan.
  • Tri Mandala
    Tri mandala miliki filosofi peraturan jatah keputusan area dan zonasi.
  • Sanga Mandala
    Seperangkat peraturan jatah area dan zonasi berdasarkan arah.
  • Tri Angga
    Konsep atau hierarki antara alam yang berbeda.
  • Tri Loka
    Konsep hierarki wilayah yang terdiri dari bhur (hewan dan makhluk jahat), bhuwah (manusia) dan swah (para dewa).
  • Asta Kosala Kosali
    Petunjuk arsitektur yang menyangkut simbol, kuil, tahapan dan satuan pengukuran.
  • Arga Segara
    Bentuk poros suci antara arga atau kaja (gunung) dan segara atau kelod (laut). Wilayah gunung dinobatkan sebagai parahyangan daerah para dewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *